Hari Buku, Dinas Pusip Gelar Lomba Baca Puisi

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Buku Nasional, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kabupaten Kulonprogo mengadakan lomba baca puisi kategori pelajar SMP/MTs se-Kulonprogo. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring, yakni peserta mengirimkan video pembacaan puisi sampai 25 Mei 2021. Pemenang akan diumumkan 29 Mei 2021.

“Even ini bertujuan membangun budaya baca pada remaja usia SMP/sederajat dengan cara membacakan puisi yang ditulis sastrawan asli Kulonprogo yaitu Marwanto MSi dan Drs Marjudin Suaeb. Diharapkan dari lomba ini minat baca remaja, terutama terhadap bacaan buku-buku sastra, akan meningkat. Selain itu, karya lokal Kulonprogo juga akan terangkat,” ucap Kadinas Pusip Kulonprogo, Drs R Agus Santosa MA, Jumat (21/05/2021).

Puisi yang dibaca, dijelaskan Panitia Lomba Eka Wardhani SIP, meliputi puisi wajib dan puisi pilihan. Puisi wajib berjudul “Doa Seorang Serdadu Sebelum Berperang” karya WS Rendra. Sedang puisi pilihan adalah karya penyair asli Kulonprogo, yakni Marjudin Suaeb (dalam buku Teka-teki Abadi) dan Marwanto (dalam buku Menaksir Waktu).

“Baik puisi wajib maupun pilihan serta teknis lomba dapat diakses melalui link www.perpustakaan.kulonprogokab.go.id locasiku duasatu. Selain menyediakan hadiah bagi para pemenang, semua peserta akan mendapatkan sertifikat,” ujar Eka. (Wid)

BERITA REKOMENDASI