Hari Ini, Pembayaran Ganti Rugi NYIA Rampung

WATES (KRjogja.com) –  PT Angkasa Pura (AP) I kembali melakukan pembayaran ganti kerugian lahan bagi warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Balai Desa Glagah dan Palihan Kecamatan Temon selama Senin-Selasa (28-29/11/2016). Pembayaran tahap ketiga merupakan yang terakhir dengan nilai keseluruhan Rp 249,5 miliar. 

"Rencana selama dua hari, Senin – Selasa (28-29/11) dengan jumlah warga yang diundang 239 orang. Khusus pembayaran ganti kerugian di Balai Desa Glagah hanya untuk warga Glagah sedangkan yang di Balai Desa Palihan untuk warga Palihan, Sindutan dan Kebonrejo. Adapun total dana yang kami berikan kepada warga tersebut Rp 249,5 miliar,” jelas Project Manager Kantor Proyek Pembangunan NYIA PT AP I, R Sujiastono.

Menurut Sujiastono setelah selesainya pembayaran ganti kerugian tahap ketiga maka proses pembayaran ganti kerugian bagi warga terdampak dinyatakan selesai. Bagi warga yang belum menerima pembayaran akan dilakukan konsinyasi. Uang ganti kerugian dititipkan di pengadilan. 

Kepala Kantor BPN Kulonprogo Muhammad Fadhil mengatakan, konsinyasi ganti kerugian di pengadilan dilakukan bagi warga terdampak yang tidak bisa memenuhi persyaratan, yang tidak boleh didata dan warga yang menolak pembebasan lahan. “Berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA), sesungguhnya penolakan warga sudah tidak ada ruangnya,” tegas Fadhil. (Rul)

BERITA REKOMENDASI