Hari Raya, Warga Binaan Terima Kunjungan Bebas

WATES,KRJOGJA.com – Hari Raya Idul Fitri 1438 H, warga binaan pemasyaratan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Wates mendapatkan kunjungan bebas selama dua hari, 27 dan 28 Juni 2017. Para WBP mendapat waktu kunjungan selama 30 menit, dengan pendaftaran dimulai 07.30 hingga 14.00 WIB.

Kasubsi Pelayanan Tahanan (Yantan) Rutan Kelas II B Wates Aris Yulianta AmdIP SH menyatakan, kunjungan bebas Hari Raya Idul Fitri 1438 H hanya selama dua hari. Bila hari biasa kunjungan ditempatkan di ruang kunjungan, maka khusus Hari Raya ini di aula agar mampu menampung banyak orang. "Satu WBP maksimal dikunjungi 10 orang, bila lebih maka masuknya harus 10 orang dulu yang lain nunggu giliran berikutnya. Waktu 30 menit, kalau hari-hari biasa hanya 15 menit," kata Aris, Selasa (27/06/2017).

Sebelum masuk, kata Aris, dilakukan pemeriksaan/penggeledahan terhadap barang dan badan pengunjung. Karena masuk tidak boleh bawa HP, dompet dan lain-lain, semua harus dititipkan kepada petugas. Bila pengunjung atau keluarga akan memberikan uang untuk WBP, maka harus dititipkan kepada petugas, dan nanti petugas akan memberikan voucher kepada WBP sesuai uang yang dititipkan.

"Warga binaan dapat membelanjakan uangnya tersebut di Koperasi Rutan dengan memakai voucher. Misal kebutuhan sehari-hari yang tidak disediakan Rutan, membeli sabun dan lainnya," ujarnya sambil menambahkan, penitipan uang ini diberikan tiga lembar alat bukti dan dicap, untuk petugas, WBP, dan keluarga.

Salah satu pengunjung, Imron dari Sleman dapat nomor 36. Ia mengunjungi temannya yang terkena kasus pencurian dan perampasan (curas). "Mengunjungi teman, dan ini baru pertama kali," katanya.(Wid)

BERITA REKOMENDASI