Hasto Wardoyo Lantik 137 Pejabat

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Regenerasi pejabat menjadi masalah bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo, menyusul moratorium CPNS hampir 5 tahun lebih. Ditambah lagi setiap tahunnya sebanyak 300 orang pensiun, sementara PNS setahun yang masuk tidak ada 10 orang. Pemkab tetap mengharapkan pindahan dari luar daerah.

"Eselon 3 dan 4 sudah terisi. Kenapa yang dilantik banyak, karena setelah menjabat sebagai Bupati Kulonprogo tahun 2017, kesempatan melantik baru dua kali di bulan Januari ini. Sebab hampir 2 tahun stagnan (6 bulan sebelum pilkada tidak boleh melakukan rotasi, 9 bulan off, dan 6 bulan juga tidak boleh). Sehingga dalam bulan Januari 2018 dua kali pelantikan menumpuk, itu dari yang promosi, rotasi maupun mutasi," kata Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) seusai pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat di Aula Adikarto, Jumat (26/01/2018).

Sebanyak 137 orang pejabat yang dilantik untuk pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan kepala puskesmas.Saat ini tinggal jabatan eselon 2 yang kosong dan dalam proses pengisian, yakni yang dilelang atau seleksi terbuka terdiri empat jabatan yaitu Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Pejabat yang baru diingatkan oleh bupati untuk menciptakan zona bebas korupsi maupun zona melayani publik. "Penyelenggaraan pemerintah yang baik atau good goverment ini adalah salah satu indikatornya adalah bisa menciptakan zona atau kawasan bebas korupsi atau zona integritas," ujar bupati yang mengapresiasi pula PNS yang menandatangani zona integritas dan sudah menandatangani pula membayar zakat. (Wid)

BERITA REKOMENDASI