HUT ke 19, Periskapura I Tanam Ratusan Bibit Pohon dan Bagikan Tempat Sampah

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Periskapura (Persatuan istri karyawan Angkasa Pura) I menggelar kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan bertemakan 'Periskapura I Peduli Lingkungan Untuk Mewujudkan Gerakan Indonesia Bersih' dengan menanam ratusan bibit pohon di area Gedung Kargo Bandara Internasional Yogyakarta (BIY), Temon, Kamis (17/10/2019). Selain itu juga membagikan 50 set tempat sampah, 600 buah tempat minuman atau tumbler dan 600 buah ecobag sebagai pengganti botol plastik serta pembagian tas plastik sekali pakai. 

Ketua Umum (Ketum) Periskapura I, Septima Faik Fahmi menjelaskan, dalam memperingati HUT ke-19 Periskapura I, pihaknya berinisiatif mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan. Selain itu juga melakukan gerakan Indonesia bersih untuk mengurangi sampah plastik. "Sampah plastik kan banyak sekali bahkan  Indonesia termasuk salah satu dari dua negara penyumbang sampah terbesar di dunia," kata istri Dirut PT AP I tersebut, di sela kegiatan. 

Edukasi sebagai upaya pengurangan sampah plastik dengan membagikan 50 set tempat sampah ke sejumlah sekolah untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selain itu juga akan dibagikan 600 buah tempat minum (tumbler) dan 600 buah ecobag sebagai pengganti botol plastik dan tas plastik sekali pakai.

Sementara untuk pengurangan pemanasan global, Periskapura I juga melakukan penanaman 200 bibit pohon sapu tangan di sejumlah titik di BIY. "Harapan kami bibit pohon ini kelak berfungsi dalam pengurangan tingkat panas suhu bumi. Kalau pohon sapu tangan sudah besar dahannya bisa melebar, sehingga bisa menjadi peneduh," tuturnya.

Kegiatan yang diikuti 150 pengurus dan anggota Periskapura I berasal dari 13 bandara milik PT A P I dan Kantor Pusat, perwakilan 170 siswa-siswi dan 30 orang guru dari SMA 1 Temon, SMK 1 Temon serta SMK Muhammadiyah 1 Temon.

“Dalam memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya di daerah sekitar YIA kami mengkampanyekan penggunaan bahan ramah lingkungan," tambahnya berharap kegiatan edukasi mampu menginspirasi generasi muda
Kulonprogo untuk berperan aktif dalam menghargai dan menjaga kebersihan
lingkungan. 

Mewujudkan Gerakan Indonesia Bersih, Periskapura I selama acara berlangsung seluruh undangan dan peserta menggunakan anyaman besek sebagai kotak konsumsi. Selain itu dekorasi pada acara juga menggunakan bahan ramah lingkungan. Acara dilanjutkan kunjungan ke terminal
penumpang YIA. 

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam memberikan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan, kami sangat mendukung kegiatan Periskapura I. Kami juga mengapresiasi inisiatif Periskapura I dalam melibatkan generasi muda Indonesia untuk menularkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Upaya tersebut sejalan dengan misi Angkasa Pura I dalam hal penghijauan dan upaya mitigasi bencana,” komentar Dirut PT AP I Faik Fahmi. 

General Manajer (GM) Bandara Internasional Adisucjipto sekaligus PTS GM BIY Agus Pandu Purnama menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Periskapura I. "Ibu-ibu Periskapura I telah mampu jadi teladan dengan memiliki program kepedulian yang sangat baik. Tidak hanya untuk keberlangsungan lingkungan tapi juga bagi masa depan generasi muda," ungkapnya.(Rul)

BERITA REKOMENDASI