HUT ke-59, SMAN 1 Wates Luncurkan Buku

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – SMAN 1 Wates meluncurkan Buku Antologi Pendidikan ‘Secangkir Kopi di Casello 2021’ pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59. Selain buku, juga dilakukan pengesahan Kepengurusan Ikatan Alumni SMAN 1 Wates periode 2021-2024 oleh Kepala SMAN 1 Wates, R Aris Suwasana SPd MSi, Minggu (01/08/2021).

Dijelaskan Aris Suwasana, peluncuran Buku Antologi Pendidikan ini merupakan karya Kepala Sekolah, Guru dan Staf Tata Usaha (TU). Penulisan buku ini diharapkan bisa menginspirasi kinerja penulisnya. Bahkan sebagai teladan bagi siswa-siswi SMAN 1 Wates bahwa bapak-ibu guru dan karyawan masih bisa meluangkan waktu untuk menulis di tengah-tengah kesibukannya.

Menulis merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan ide-ide kreatifnya sehingga bisa menginspirasi para siswa. Peluncuran buku ini merupakan langkah awal bagi bapak-ibu guru memulai membuat karya tulis ilmiah yang bisa dipakai untuk mengajukan persyaratan kenaikan pangkat.

“Dengan peluncuran Buku Antologi Pendidikan ini harapannya, bisa menginspirasi siswa-siswi SMAN 1 Wates untuk berkarya di bidang riset maupun karya-karya ilmiah yang lain,” kata Aris Suwasana.

Isi buku, jelas Aris, beraneka macam. Ada yang berupa pengalaman saat bertugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dari awal hingga akhir. Pengalaman guru mengajar di SMAN 1 Wates dan sekolah-sekolah sebelumnya bahkan ada yang menceritakan tentang hobi dan manfaatnya. Buku ini benar-benar sangat menarik dan inspiratif.

Peluncuran buku, tambah Aris, sudah dilakukan dan ditandai dengan penandatanganan buku. Penandatanganan dilakukan Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Kulonprogo, Rudy Prakanto SPd MEng. Juga dihadiri Koordinator Pengawas (Korwas) Kabupaten Kulonprogo, Drs Sudarmadi MPd dan Kepala SMAN 1 Wates, Aris Suwasana SPd MSi.

Dalam peluncuran, Rudy Prakanto mengapresiasi upaya SMAN 1 Wates yang telah menulis Buku Antologi Pendidikan ini. Ia mengharapkan karya antologi ini dilanjutkan dengan karya antologi oleh siswa-siswi SMAN 1 Wates dan karya para alumni.

“Bila terwujud, karya itu akan sangat indah mewarnai dunia pendidikan di Kulonprogo yang semakin maju. Apalagi di dalamnya ada perpaduan rasa yang bisa menggugah semangat untuk memajukan SMAN 1 Wates,” kata Rudy. (Wid)

BERITA REKOMENDASI