HUT RI, 13 Narapidana Terima Remisi Umum

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com-Tiga belas narapidana/warga binaan Rutan Kelas IIB Wates mendapatkan Remisi Umum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Penyerahan Surat Keputusan Pemberian Remisi dilakukan simbolis oleh Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo kepada dua orang perwakilan warga binaan Rutan Wates, didampingi Kepala Rutan kelas IIB Wates Deny Fajariyanto, Selasa (17/08/2021), di Aula Rutan setempat.
Bupati dalam kesempatan itu juga menyampaikan pesan kepada warga binaan pemasyarakatan. Hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta Kepala Rupbasan Kelas II Wates. “Mengingat hingga saat ini kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda dan tengah dalam masa PPKM, Kegiatan penyerahan remisi dilaksanakan secara efisien dan seefektif mungkin, serta dengan memperketat protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujar Kepala Rutan kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto, di sela-sela acara.
Dikatakan Deny, Rutan Kelas IIB Wates hingga saat ini memiliki jumlah penghuni sebanyak  68 orang dengan rincian 25 orang narapidana dan 43 orang. “Kami mengusulkan remisi umum kepada 18 orang narapidana. Kesemuanya itu telah disetujui, namun 5 orang sudah dikeluarkan dari Rutan Wates karena  mendapatkan asimilasi di rumah dan Program Integrasi berdasarkan   (Permenkumham no 24 Tahun 2021 dan Permenkumham no 3 tahun 2018),” katanya.
Adapun besaran remisi yang diterima 13 orang tersebut terdiri remisi 4 bulan yakni 1 orang (perkara perlindungan anak), remisi 3 bulan 2 orang (tindak pidana perlindungan anak dan penggelapan), remisi 2 bulan ada 2 orang (pencurian), dan remisi 1 bulan sebanyak 8 orang (tindak pidana kesehatan 3, perlindungan anak, penipuan, pencurian 2, penggelapan). (Wid)

BERITA REKOMENDASI