Izin Trayek Kendaraan Masih Banyak Dilanggar

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO (KRjogja.com) – Temuan dalam operasi yang digelar Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kulonprogo bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Polres pada dua lokasi di Wates dan Nanggulan, masih banyak didapati pelanggaran izin trayek.

"Terdapat 21 pelanggaran dari ratusan kendaraan yang diperiksa, dari jumlah itu terbanyak pelanggaran izin trayek. Pelanggaran terdiri Senin (05/09/2016) di Jalan Wates – Bendungan, depan Stadion Cangkring, pelanggaran izin trayek 8, kir 2, SIM 1, STNK 2. Sedang Selasa (06/09/2016) di Jalan Wates – Muntilan Nanggulan terdapat pelanggaran dimensi 4, tonase 2, dan kir 2," ungkap Kasi Operasi Pengendalian (OpsDal) Dishubkominfo Kulonprogo Bekti Nurada SSos ketika dikonfirmasi Rabu (07/09/2016).

Menurut Bekti, dari hasil operasi yang dilakukan banyak terdapat kendaraan angkut baik angkutan barang maupun angkutan orang yang kedapatan melanggar. Pelanggaran umumnya adalah kendaraan angkutan barang,  terkait masalah dimensi kendaraan, yaitu adanya tambahan bagian bak samping kiri, kanan dan belakang, tonase yang melebihi kapasitas angkut semestinya. Selain itu buku uji (KIR) yang sudah lewat masa berlaku, serta surat izin mengemudi (SIM) yang tidak pada mestinya dengan kendaraan yang dibawa.

"Banyaknya pelanggaran pada kendaraan angkutan barang maupun angkutan orang, kami bersama instansi terkait akan rutin melakukan operasi gabungan. Disamping melakukan pula sosialisasi dan edukasi bagi pemilik angkot. Hal itu agar dapat terwujud dan terciptanya ketertiban, kenyamanan serta keamanan dalam berkendara di Kulonprogo," tutur Bekti. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI