Jajanan Sekolah Harus Sehat dan Layak Konsumsi

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) Kapanewon Panjatan memantau pangan jajanan di sekolah dari tingkat SD hingga SLTA. Pemantauan dilakukan tim yang terdiri dari petugas kapanewon, Koramil, Polsek, Puskesmas dan guru pengelola UKS terhadap kantin sekolah, warung dan pedagang keliling yang mangkal di lingkungan sekolah.

Panewu Panjatan Setiawan Tri Widada SSos menjelaskan, pemantauan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa jajanan yang dijual di sekolah-sekolah di wilayah Kapanewon Panjatan adalah makanan sehat dan layak dikonsumsi. Dalam arti, tidak membahayakan kesehatan anak.

Pemantauan, tambah Setiawan, perlu dilakukan karena saat ini cukup banyak pedagang yang menjual jajanan di sekolah. Baik yang berjualan di warung maupun pedagang keliling yang menjual berbagai jenis jajanan. “Kami perlu memastikan bahwa jajanan yang dijual tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan anak,” kata Setiawan saat pemantauan di SDN 1 Panjatan baru-baru ini. Pendeteksian makanan dilakukan petugas Puskesmas dengan menggunakan sanitarian kit. Alat ini dapat mendeteksi kandungan borax, formalin, rhodamin B dan methanyl yellow.

Menurut staf Puskesmas Panjatan 2 Susilo Ratnawati AMd, dari pemantauan yang telah dilakukan di empat sekolah pihaknya belum menemukan makanan yang mengandung bahan-bahan di atas.“Makanan yang dijual di kantin, warung maupun pedagang keliling semuanya sehat,” ujarnya.(Wid)

BERITA REKOMENDASI