Jalan Menuju Kalibawang Gulita

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Jalan provinsi Sentolo – Klangon di wilayah Kapanewon Kalibawang pada malam hari gelap gulita. Di sepanjang jalan yang menghubungkan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tanpa dilengkapi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

Panewu Kalibawang, Heri Darmawan yang dihubungi di ruang kerjanya mengatakan telah mengusulkan ada lampu PJU sepanjang jalan provinsi di Kalibawang mulai dari perbatasan wilayah Kapanewon Nanggulan sampai perbatasan Kabupaten Magelang. Jalan Sentolo – Klangon menjadi jalur utama menghadapi Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Temon beroperasi penuh. Ada peningkatan jumlah kendaraan tetapi pada malam hari kondisi jalan gelap.

“Kapanewon telah mengusulkan ada lampu PJU mulai perbatasan antara Kapanewon Nanggulan dengan Kalibawang dari Sungai Tinalah sampai di Klangon yang berbatasan dengan Kabupaten Magelang,” ujar Heri Darmawan.

Menurutnya, kondisi jalan cukup baik. Kendaraan dapat melaju lancar meskipun sebagian ruas jalan ada yang berkelokkelok. Sepanjang jalan yang gelap rawan terjadi kecelakaan dan tindak kejahatan. PJU menjadi harapan bagi masyarakat di wilayah Kulonprogo utara yang pembangunan mengalami kemajuan pesat.

Pemasangan PJU sekaligus mendukung rencana pembangunan gerbang Samudraraksa Kawasan Pariwisata Strategis Nasional Borobudur. Selain lampu PJU, tambahnya, mengusulkan ada pengeprasan tebing di wilayah Klangon, Kalurahan Banjaroya. Tebing dua sisi di antara ruas jalan di musim penghujan rawan longsor. (Ras)

BERITA REKOMENDASI