Jalur KA Bandara Mulai Operasional Agustus 2021

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJogja.com – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin menegaskan, pihaknya terus mengkebut pekerjaan pembangunan jalur kereta api (KA) Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulonprogo.

Terhitung 31 Maret 2021 hingga saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 85,59 persen. Adapun pekerjaan krusial yang baru dirampungkan pelaksana proyek, penggeseran jembatan jalur KA sepanjang 46,5 meter dan lebar 10 meter yang melintang di atas jalan nasional Purworejo-Wates, Kalurahan Demen, Temon.

“Progres pembangunan jalur KA YIA sudah 85,59 persen dan pekan lalu kita sudah melakukan pergeseran jembatan PH3 dengan tipe ‘welded through truss’ (WTT) 46,5 double,” kata Dheky Martin, Jumat (2/4).

Untuk pekerjaan berikutnya ungkap Dheky, pemasangan rel atau trek dan penyelesaian super struktur jalur tersebut. Proses diawali pengecoran beton pagar pembatas atau parapet. Setelah itu pengisian batu balast sebagai bagian badan jalan kereta api tempat meletakkan bantalan trek. “Setelah itu pekerjaan masuk tahap pemasangan dua lajur trek yang kami targetkan minggu depan rel sudah terpasang,” ujarnya.

Untuk konstruksi yang masuk kawasan BIY akan dilakukan pemasangan overkapping

/ atap oleh PT Angkasa Pura 1, selaku pengelola BIY, untuk menyesuaikan landscape

kawasan di sana. “April ini kami akan menyelesaikan tiang-tiang penyangga jalur KA di kawasan YIA, agar bisa lanjut pembangunan ‘overkapping’,” katannya.

BERITA REKOMENDASI