Jalur Selatan Kulonprogo Masih Lancar

WATES, KRJOGJA.com – Arus mudik Idul Fitri 2017 sudah terjadi lonjakan jumlah kendaraan melewati jalan nasional jalur selatan di Kulonprogo. Namun arus lalu lintas kendaraan dari arah barat (Jakarta) maupun timur (Yogyakarta)
masih melaju lancar.

Informasi yang dihimpun di Posko Monitoring Angkutan Lebaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo, Kamis (22/6), menyebutkan kendaraan yang melewati jalur selatan dalam waktu 24 jam mencapai 39.818 kendaraan. Kepadatan kendaraan terjadi mulai pagi pukul 06.00 sampai 22.00. Kendaraan didominasi mobil pribadi dan sepeda motor. Sementara bus pengangkut pemudik dalam waktu 24 jam mencapai 1.342 bus, baik bus dari arah Jakarta maupun Yogyakarta.

"Jalur selatan mulai padat kendaraan didominasi mobil pribadi dan motor," ucap Domingus Soares, petugas Posko Monitoring Angkutan Lebaran Dishub Kulonprogo.

Menurutnya, lonjakan kendaraan yang melewati jalur selatan dirasakan sejak Minggu (18/6) atau H-7 Idul Fitri. Jumlah kendaraan pada saat itu sebanyak 31.231 kendaraan. Dalam waktu dua hari mendekati Idul Fitri melonjak menjadi 39.328 kendaraan. Puncak arus mudik yang melewati jalur selatan Kulonprogo diperkirakan terjadi Jumat (23/6) dan Sabtu (24/6) atau H – 2 dan H – 1 Idul Fitri.  "Sebagian besar pemudik dari Jakarta dan sekitarnya belum sampai di jalur selatan Kulonprogo," jelasnya. (Ras)

BERITA REKOMENDASI