Jelang Peringatan HUT RI, Perajin Banjir Pesanan Batik Nuansa Kemerdekaan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Momentum peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) selalu membawa berkah bagi para perajin batik di Kabupaten Kulonprogo, khususnya di wilayah Kapanewon Lendah. Menjelang perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, mereka banyak mendapatkan pesanan batik bertemakan khas Indonesia seperti gambar burung Garuda maupun motif jajaran kepulauan Nusantara.

“Menjelang 17-an, pesanan batik lumayan banyak terutama yang berwarna merah putih. Ada juga yang request gambar peta Indonesia dan garuda, pokoknya yang berkaitan dengan kemerdekaan,” kata perajin Batik Banyu Sabrang, Hanang Mintarta di rumahnya Kalurahan Ngentakrejo, Lendah, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, batik bermotif Indonesia yang khusus dibuat bertepatan dengan momentum bersejarah hari kemerdekaan menjadi buruan masyarakat. Dengan memanfaatan momentum tersebut, maka selama bulan Agustus, para perajin Batik Banyu Sabrang fokus memproduksi batik khusus dengan tema kemerdekaan.

Dalam proses pembuatan batik bertema semangat nasionalisme sebenarnya tidak berbeda dengan pembuatan batik motif lainnya. Perajin dibutuhkan lebih teliti, terutama saat membuat motif Garuda Pancasila karena detailnya cukup rumit.

“Membuat batik dengan ikon garuda sebenarnya sama dengan membuat batik motif lainnya, kita hanya menyisipkan ikon merdekanya saja, Garuda. Jadi teknik pembuatannya sama, sederhana, simpel, abstrak dan kontemporer,” ujar Hanang.

BERITA REKOMENDASI