Jika Aksi Klithih Meluas, Pariwisata DIY Bakal ‘Ambyar’

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengaku prihatin terhadap maraknya kembali aksi klithih apalagi sampai memakan korban jiwa. Kondisi tersebut dikhawatirkan berdampak terhadap sektor pariwisata di DIY, sehingga pihaknya meminta pelaku klitih ditindak tegas agar tak terjadi kasus serupa pada masa mendatang.

“Klithih yang kembali marak terjadi di wilayah Yogyakarta, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa merugikan sektor pariwisata yang saat ini tedang berupaya bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Saya kira klithih kontradiktif dengan apa yang dilakukan oleh sektor pariwisata. Pariwisata kan harus mengedepankan ‘hospitality’, keramahan, keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan,” kata Singgih Raharjo, beberapa waktu lalu.

Demi terciptanya suasana yang aman dan nyaman khususnya di sektor pariwisata, maka pihaknya minta aparat penegak hukum sikap tegas dan menindak para pelaku klitih yang sudah meresahkan masyarakat DIY. Selain akan menimbulkan efek jera sehingga orang yang berniat melakukan klitih berpikir ulang.

BERITA REKOMENDASI