Kalurahan di Sepanjang Pantai Selatan Bisa Dapat Danais

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kepala Paniradya Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Aris Eko Nugroho menjelaskan, upaya 34 kalurahan yang berada di pesisir pantai selatan DIY untuk mengakses Danais bisa terwujud. Salah satu mekanismenya adalah pembentukan Desa Maritim.

“Ini peluang bagi kalurahan kalau mau mengajukan Danais. Apalagi di pesisir pantai selatan DIY sepanjang 103 kilometer, ada 34 kalurahan. Mereka dituntut mengembangkan wilayahnya, salah satu caranya pembentukan Desa Maritim,” kata Aris Eko Nugroho saat menghadiri launcing karya seni instalasi di Kawasan Objek Wisata (obwis) Pantai Trisik, Senin (30/8).

Launching dilakukan Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo, Wabup Fajar Gegana dan Ketua DPRD Akhid Nuryati SE disaksikan sejumlah seniman lokal. Selain launching acara yang merupakan rangkaian Gerakan Sambang Kulonprogo atau Sambanggo tersebut juga dilakukan pelepasan anak penyu atau tukik oleh Bupati Sutedjo bersama pejabat lainnya di Pantai Trisik.

Ditegaskan, pembentukan Desa Maritim yang dilakukan pemerintah kalurahan tidak melulu soal kegiatan di sektor laut. Tapi kegiatan sektor lain yang mampu dikembangkan di wilayah pesisir pantai selatan DIY.

Dana yang dialokasikan oleh Paniradya Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Desa Maritim sekitar Rp 500 sampai Rp 750 juta. “Kalau total Danais yang diperuntukkan untuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK) terkait bantuan bagi kalurahan untuk penanganan Covid-19 sekitar Rp 50,7 miliar,” jelasnya.

Mengacu catatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kulonprogo beberapa waktu lalu, dari 87 kalurahan, hanya 12 kalurahan yang belum menerima BKK Danais. Kecepatan pemerintah kalurahan dalam memenuhi syarat administrasi menjadi salah satu syarat dalam penerimaan BKK Danais.

Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol-PP setempat, Alif Romdhoni mengungkapkan, kecepatan pemerintah kalurahan merespons syarat penerimaan BKK Danais jadi faktor penentu cepatnya proses pencarian dana tersebut. BKK Danais memang diruntukkan penanganan Covid-19 di masing-masing kalurahan. Prinsip penanganan Covid-19 di masing-masing kalurahan memang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kalurahan. (Rul)

BERITA REKOMENDASI