Kantor Pelayanan Pajak Imbau Masyarakat Tingkatkan Disiplin Bayar Pajak

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Para wajib pajak (WP) kendaraan bermotor di Kabupaten Kulonprogo diimbau untuk meningkatkan disiplin dalam pembayaran kewajiban pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

“Sebagai kontraprestasi, Samsat Kulonprogo selalu berupaya memberikan berbagai kemudahan kepada para wajib pajak,” kata Kepala Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) DIY di Kabupaten Kulonprogo, Sugeng Siswo Yuwono Sugeng di kantornya Jalan Yogya-Wates Km 27, Wates, Rabu (29/06/2022).

Di antara implementasi kemudahan dimaksud, saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor satu tahunan bisa dilakukan di Samsat Kulon Progo, Samsat Desa meliputi Kalurahan Banjararum Kapanewon Kalibawang dan di Kalurahan Palihan Kapanewon Temon. Samsat Payment Point BPD DIY Nanggulan, Mall Pelayanan Publik (MPP), Samsat Mobil Keliling, Bus Samsat Keliling, Drive Thru Samsat Kulonprogo, E-Posti pada lima titik ATM BPD DIY meliputi di Temon, Sentolo, Galur, Wates dan depan Samsat Kulonprogo serta melalui Aplikasi Gopay maupun aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional).

“Khusus pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan, balik nama, rubah bentuk, ganti warna dan STNK hilang dilakukan di Samsat Kulonprogo. Informasi terkait pelayanan pembayaran PKB dan BBNKB dilayani 24 jam melalui kontak online admin Samsat Kulonprogo 0822-4386-6668, dengan mengetikkan informasi publik, lalu memilih jenis layanan pada menu yang tersedia,” ungkapnya.

Sementara dalam upaya memberikan pelayanan prima, Samsat setempat juga mengembangkan sejumlah inovasi di antaranya Inovasi Mitayani (Melalui Telepon Kita Melayani). Sebuah sistem pembayaran pajak tahunan atau pembayaran tunggakan melalui media telepon.

“Wajib pajak menelfon petugas Samsat Kulonprogo untuk datang ke lokasi yang disepakati misalnya di pedukuhan, kalurahan, kapanewon, pabrik, perusahaan maupun kantor dinas atau di rumah wajib pajak, dengan minimal 10 WP,” tutur Sugeng SY.

Sedangkan inovasi Pesan Aku, pesan pengingat masa berlaku kepada WP melalui whatsapp. Untuk dapat mengakses layanan ini, wajib pajak diharapkan dapat menyampaikan nomor kontak whatsapp aktif yang dimiliki kepada petugas pada setiap titik layanan pada Samsat Kulonprogo.

Wajib pajak kendaraan bermotor dapat menyampaikan blokir kendaraan bermotor yang telah dijual pada semua titik layanan Samsat Kulonprogo, termasuk Samsat Payment Point BPD Nanggulan, Samsat Desa, Samsat MPP, Bus Samsat Keliling maupun Samsat Mobil Keliling dan pada layanan Mitayani. (Rul)

BERITA REKOMENDASI