Kapal Waduk Sermo Tak Kantongi Surat Pas

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Jenis kapal kecil yang beroperasi di wilayah perairan umum dan perairan darat Kulonprogo tanpa mengantongi surat pas kapal kecil atau Surat Tanda Kebangsaan Kapal menyusul kewenangan di tingkat provinsi ditarik ke pemerintahan pusat. Hal tersebut terungkap dari sejumlah pemilik kapal wisata yang beroperasional di Waduk Sermo. Belasan unit kapal yang pernah dilengkapi surat pas kapal, beberapa tahun terakhir tidak diperpanjang lagi.

”Tidak pernah mengurus lagi setelah kewenangan tidak ada di Dinas Perhubungan (Dishub) DIY. Pemilik kapal tidak mengetahui harus mengurus perpanjangan surat pas kapal. Katanya harus mengurus ke Cilacap atau Semarang meskipun surat pas kapal kecil,” kata seorang pemilik kapal di Waduk Sermo.

Rahmadi, salah seorang pemilik kapal di Waduk Sermo mengungkapkan telah melengkapi dengan surat pas kapal yang dioperasikan di waduk. Beberapa tahun terakhir tidak lagi mengurus perpanjangan surat pas kapal.

Pemilik kapal enggan mengurus perpanjangan ke Kesyahbandaran di Cilacap atau di Semarang. Jarak tempuh dari Kulonprogo cukup jauh. Untuk mengurus menghabiskan biaya tranportasi besar dan tidak cukup waktu satu hari.

Seorang petugas Dishub DIY di Waduk Sermo, Muhammad Yamin membenarkan Dishub DIY tidak lagi memiliki kewenangan mengeluarkan surat pas kapal kecil yang beroperasi di perairan darat maupun perairan umum di wilayahnya. Menurutnya, kewenangan ada di Kesyahbandaran di Cilacap atau Semarang. Sejak itu kelengkapan surat pas kapal yang pernah dikeluarkan Dishub DIY sudah mati atau tidak berlaku lagi. (Ras)

BERITA REKOMENDASI