Kasus Covid-19 Bertambah, Gugus Tugas Siapkan Tempat Karantina

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Wakil Bupati (Wabup) yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Fajar Gegana menjelaskan, pihaknya berupaya menyiapkan tempat karantina di setiap kalurahan seiring meningkatnya kasus positif Covid-19 dampak libur natal dan tahun baru (Nataru) 2022.

Mengacu data Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, sejak awal Januari tercatat 20 orang terpapar virus corona.
“Kami mengimbau kembali perketat penerapan protokol kesehatan (prokes). Selain itu saya minta seluruh pemerintah kapanewon berkoordinasi dengan pemerintah kalurahan agar menyiapkan karantina,” jelas Fajar, Jumat (14/1).

Tempat-tempat karantina diperuntukkan bagi para pelaku perjalanan yang pulang dari luar daerah. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan regulasi dan sarana prasarananya.

Langkah tersebut ditempuh bersamaan munculnya virus Omicron yang sulit dideteksi. Apalagi di Kulonprogo belum memiliki alat pendeteksinya. “Baru ada 12 laboratorium se-Indonesia yang bisa mendeteksi Omicron. Sehingga cara mengantisipasinya kita harus melakukan karantina. Untuk memisahkan supaya tidak terjadi penularan virus yang cepat bila seseorang terpapar Omicron dari luar daerah,” kata Wabup Fajar Gegana. (Rul)

BERITA REKOMENDASI