Kasus Meningkat, Ketatkan Prokes dan Booster

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Adanya peningkatan kasus di Kulonprogo, DIY dan nasional, maka diharapkan agar masyarakat memperketat pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dan segera melengkapi vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster.

“Kulonprogo memang ada kenaikan sejak beberapa hari ini. Sejak 11 hingga 20 Juli terdapat positif Covid-19 sebanyak 36 orang. Yang terbanyak tanggal 20 Juli terdapat 13 positif Covid-19,” ujar drg Baning Rahayujati MKes Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Rabu (20/07/2022).

Dari kasus 20 Juli sebanyak 13 tersebut, kata Baning, merupakan 10 positif berasal dari surveilans pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Seperti diketahui mulai 19 Juli hingga 2 Agustus dilakukan Surveilans epidemiologi PTM di Kulonprogo pada 2.315 orang, terdiri 2.111 siswa dan 204 tenaga pendidik (tendik) pada 61 sekolah.

Terhadap Covid-19 ini, Baning berharap masyarakat segera ke puskesmas bila sakit agar dilakukan pemeriksaan apakah Covid atau bukan. “Lakukan karantina dan isolasi mandiri bila suspek, kontak erat dan terkonfirmasi. Serta lindungi keluarga yang berisiko seperti lansia, memiliki penyakit komorbid dengan prokes ketat dan vaksinasi,” pungkas Baning. (Wid)

BERITA REKOMENDASI