Kasus Positif Covid Naik, Gugus Tugas Kulonprogo Gencarkan Edukasi Prokes

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo berencana menggelar kembali penegakkan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah titik keramaian di khususnya di pasar. Langkah tersebut dinilai penting mengingat kasus Covid-19 belakangan ini mengalami peningkatan.

Dalam actionnya, petugas gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengedukasi masyarakat agar tidak lalai menerapkan prokes. Petugas mendatangi pasar-pasar untuk mengingatkan kembali masyarakat agar mematuhi prokes pencegahan penyebaran Covid-19. Saat menemui masyarakat, petugas membagi-bagikan masker.

“Penegakan Prokes yang dilakukan masih bersifat edukasi dan belum ada sanksi bagi pelanggar prokes. Saat ini ada kecenderungan masyarakat mulai abai prokes. Hal tersebut mengkhawatirkan kita semua, karena Covid-19 masih ada bahkan  terjadi peningkatan kasus signifikan di DIY termasuk Kulonprogo,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setepat Fajar Gegana, Jumat (4/2).

Diungkapkan, stok masker di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo ada 100 ribu lebih. Kalau ada masyarakat yang membutuhkan masker untuk kegiatan yang sifatnya terbatas, bisa minta ke BPBD. Prokes harus tetap dijaga,” katanya mengingatkan.

Secara terpisah Kabid Ketenteraman dan Ketertiban Umum Satpol-PP Kulonprogo, Alif Romdhoni menjelaskan, petugas akan melakukan edukasi prokes mulai Selasa (8/2). “Sasarannya akan disesuaikan dengan hari pasaran. Jadi lokasinya menyesuaikan,” jelasnya membenarkan edukasi prokes memang perlu digalakkan kembali.

“Karena saat ini sudah sulit untuk jaga jarak dan menghindari kerumunan. Sehingga pemakaian masker yang kita tekankan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Alif. (Rul)

BERITA REKOMENDASI