Kawinkan Dua Sungai, Petani Terbukti Sejahtera

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Keberhasilan ‘mengawinkan ‘ Sungai Progo dengan Sungai Bogowonto, mampu meningkatkan kesejahteraan petani Kulonprogo. Sepanjang tahun para petani dari hulu sampai hilir saluran induk irigasi bisa panen padi dua kali dan komoditas palawija sekali.

Yang dimaksudkan ‘mengawinkan’ terebut, menurut Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo adalah menghubungkan saluran induk irigasi Kalibawang dari Sungai Progo sampai Sungai Bogowonto yang berbatasan dengan Kabupaten Purworejo.

Daerah saluran irigasi dari ujung timur sampai ujung barat di sepanjang Kulonprogo, menjadi lahan pertanian produktif. Melalui pengaturan pola tata tanam pertanian tahunan, secara bergantian petani dapat panen padi dua kali dan palawija sekali.

“Para pendahulu yang menyampaikan kesejahateraan petani Kulonprogo menggunakan kata-kata ‘sanepo’ atau kata kiasan tersebut, sekarang sudah menjadi kenyataan,” kata Drs H Sutedjo pada acara Wiwit Panen Raya Padi di Bulak Pronosutan, Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan, Kamis (7/1/2020).

BERITA REKOMENDASI