‘Kecripatan’ Danais, Selesaikan Pengadaan Tanah TBK di Pengasih

KULONPROGO, KRJOGJA.com – 'Kundha Kabudayan' atau Dinas Kebudayaan Kulonprogo mendapatkan kucuran Dana Keistimewaan (Danais) DIY sekitar Rp 102 miliar untuk program kegiatan bidang kebudayaan yang akan dilaksanakan di 2020. 

Kucuran Danais 2020 mengalami peningkatan lebih dari lima kali lipat dibandingkan program kegiatan kebudayaan di 2019 sekitar Rp 18 miliar. Peningkatan tersebut akibat adanya program kegiatan fisik bidang kebudayaan. 

“Program kebudayaan hampir sama dengan kegiatan yang dilaksanakan di 2019. Adanya program kegiatan fisik yang harus dilaksanakan di 2020 sehingga ada peningkatan cukup besar,” ujar Kepala Kundha Kabudayan Untung Waluyo yang dihubungi di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020). 

Menurutnya, terdapat lima program dan 17 kegiatan dibiayai Danais yang hendak dilasksanakan sepanjang tahun di 2020. Pembiayaan terbesar diperuntukan pengadaan tanah Taman Budaya Kulonprogo (TBK) di Pengasih. Nilai Danais yang dipersiapkan, katanya, mencapai sekitar Rp 70 miliar. Status tanah TBK di Pengasih merupakan tanah kas desa yang selama ini menyewa Desa Pengasih. Melalui pengadaan ini diharapkan tidak menyewa lagi. 

Kegiatan lainnya diperuntukan kegiatan fisik penataan lingkungan benda cagar budaya. Tidak menyebutkan secara terperinci tetapi terdapat sejumlah kegiatan fisik yang harus dilaksanakan di tahun ini.

Dikatakan, program kegiatan yang dibiayai Danais menitikberatkan transformasi nilai budaya untuk mencetak manusia berbudi luhur yang mampu memberikan kontribusi peningkatan kesejahteraan. "Jangan sampai terjadi Kundha Kabudayan sekedar menjadi kelembagaan kesenian. Program memperioritaskan kegiatan nilai luhur budaya untuk mencetak manusia berbudi luhur,” jelasnya.(Ras)

BERITA REKOMENDASI