Kemenag dan KPU Kulonprogo Fasilitasi Pendidikan Pemilih Pemula  

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com– Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kulonprogo dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menandatangani Perjanjian Kerja Sama untuk melakukan Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula di lingkungan madrasah se-kabupaten, di Rumah Pintar Pemilu KPU Kulonprogo, Rabu (09/06/2021).
Hadir dalam acara, para Komisioner KPU, Sekretaris KPU, Kepala MAN 1 dan MTsN 1 Kulonprogo sebagai perwakilan madrasah, serta diikuti seluruh Kepala Madrasah jenjang Aliyah dan Tsanawiyah se-Kulonprogo secara daring melalui fasilitas zoom meeting.
Bentuk Kerjasama yang disepakati adalah fasilitasi dan koordinasi dalam pelaksanakan pendidikan pemilih bagi para siswa madrasah jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dalam bentuk kelas Pemilu yang diadakan KPU, pendampingan pemilihan kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), dan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu di KPU.
Dikatakan Ketua KPU Kulonprogo Hj Ibah Muthiah SH MSi, kerjasama antara KPU dan Kantor Kemenag merupakan wujud komitmen dalam menciptakan generasi pemilih pemula yang cerdas. “Tak hanya itu, kami juga menargetkan duplikasi pelaksanaan pemilu di madrasah ini akan semirip mungkin dengan tahapan asli pemilu. Artinya, kami menargetkan generasi muda akan lebih memahami seluk beluk penyelenggaraan Pemilu dengan berkualitas. Mereka akan menjadi generasi berikutnya yang berkecimpung sebagai penyelenggara pemilu sesungguhnya,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Kankemenag Kulonprogo, H Ahmad Fauzi SH  memberikan apresiasi kepada KPU yang telah memberikan ruang kepada siswa madrasah, untuk mendapatkan pendidikan demokrasi melalui Pemilihan OSIS (Pemilos) yang dilakukan layaknya Pemilu atau Pilkada. “Kami berharap, semua madrasah untuk tingkat MA dan MTs di Kulonprogo dapat melaksanakan program kerja sama ini dengan sebaik-baiknya,” tandasnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI