Kemunculan Buaya di Pantai Congot Resahkan Warga

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO (KRjogja.com) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta turun tangan dalam upaya mengevakuasi buaya yang menghebohkan dengan memancingnya keluar. Penampakan buaya semula di pantai selatan Purworejo dan Kulonprogo. Buaya terlihat menghilang di pintu muara Bogowonto Congot Desa Jangkaran Kecamatan Temon.

"Jumat Pukul 20.30, buaya terlihat di pantai Congot, tapi karena banyak orang yang akan menangkap kembali lagi ke tengah. Sekitar 01.30 terlihat lagi di sekitar pintu muara Bogowonto dan akhirnya gelombang pasang, buaya menghilang, sehingga pencarian dihentikan pukul 05.00," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Yogyakarta Untung Suripto, Sabtu (24/12/2016).

Pencarian dilanjutkan Sabtu pagi dengan menerjunkan lima personil dengan peralatan evakuasi buaya. Buaya muara menurut teori akan berjemur pukul 09.00 – 13.00 WIB, maka BKSDA memasang umpan unggas itik di muara Bogowonto sebagai upaya memancing buaya naik ke daratan.

"Bila berhasil di tangkap, maka akan dititipkan di Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY). Kebetulan di Kulonprogo juga ada Wildlife Rescue Center (WRC) atau Pusat Penyelamatan Satwa Jogja (PPSJ) Kulonprogo Yogyakarta," jelasnya.

BKSDA Yogyakarta masih menunggu konfirmasi dari BKSDA Jawa Tengah terkait buaya itu. "Sebab buaya muncul dari barat, apakah lepas dari penangkaran atau tidak, dan fokus kita saat ini melakukan pengangkapan," urainya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI