Keren! Mahasiswa KKN UAD Olah Kulit Durian Jadi Kerupuk Aneka Rasa

Editor: KRjogja/Gus

KOKAP, KRJOGJA.com – Limbah kulit durian dapat diolah menjadi kerupuk aneka rasa, demikian juga growol menjadi berbagai aneka makanan kekinian. Selain olahan kerupuk kulit durian, growol yang selama ini kurang diminati berhasil diolah menjadi donat, kue kering dan berbagai produk pangan kekinian.

“Olahan pangan lokal lain yang turut mengikuti lomba antara lain olahan pegagan, gula semut, tepung kelapa, dan nira,” ujar Koordinator Dosen Pembimbing Kuliah Kerja Nyata (KKN) UAD, Vera Yuli Erviana MPd, Minggu (1/3).

Yuli Erviana mengungkapkan hal tersebut terkait dengan program pemberdayaan yang dilombakan dalam acara puncak bertema Optimalisasi Olahan Pangan Lokal dan Kepedulian terhadap Lingkungan di Kantor Kapanewon Kokap, belum lama ini.

Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Reguler ke-76 UAD 8 kelurahan di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Keguatan tersebut berlangsung 30 Januari hingga 27 Februari. “Kami memang mengajak dan mengolah limbah kulit durian menjadi kerupuk aneka rasa dan growol menjadi berbagai aneka makanan kekinian,” ucapnya.

Dalam PPM ini difokuskan pada mengoptimalkan sumber daya lokal sekaligus mengurangi limbah yang dapat membebani lingkungan. Diharapkan berbagai produk makanan tersebut dapat menjadi oleh-oleh ciri khas Kapanewon Kokap dan diminati masyarakat. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI