Kesadaran Masyarakat Mengecek DPS Rendah

WATES (KRjogja.com) – Lembaga penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo hingga saat ini belum menerima pengaduan dari masyarakat terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan umum kepala daerah (pilkada) kabupaten ini. Dengan Demikian muncul kesan kesadaran masyarakat untuk mencermati DPS masih tergolong rendah. KPU setempat berencana jemput bola untuk mengupdate data pemilih.  

“Kesadaran masyarakat untuk mengecek dan mencermati DPS memang masih rendah. Padahal masukan terhadap DPS sangat dibuthkan. Karena hanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) biasanya tidak siginifikan berubah," kata Ketua Divisi Perencanaan dan Infomrasi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi KPU setempat Marwanto, Minggu (13/11/2016) malam.

Dijelaskan, KPU akan melakukan berbagai cara untuk mendorong masyarakat aktif melakukan pencermatan. Salah satunya menempel berkas data pemilih di setiap balai desa. Data itu bisa dicermati untuk memastikan sudah masuk dalam data atau belum. Masyarakat juga bisa melakukan pengecekan di halaman resmi KPU. Masa pengumumam tersebut akan berlangsung sampai Sabtu (19/11/2016) mendatang. Saran pendapat dan masukan dari masyarakat terkait data ini akan diterima untuk dilakukan perbaikan. Harapannya pada 6 Desember nanti sudah bisa ditetapkan sebagai DPT.

“Kami mengimbau masyarakat segera melapor jika ada yang belum masauk atau perubahan identitas lainnya ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa masing-masing,” jelasnya. KPUD Kulonprogo telah menetapkan DPS Pilkada 2017, sebanyak 335.502 pemilih, terdiri laki-laki 162.931 pemiih dan perempuan 172.571 pemilih. (Rul/Wid)

BERITA REKOMENDASI