KKN Reguler UAD di Sentolo Pelatihan UMKM Gunakan E-Commerce

Editor: Ary B Prass

 

Dengan diselenggarakannya Pelatihan UMKM tersebut diharapkan dapat menjadi pengalaman sehingga dapat menjadi modal awal untuk memulai UMKM sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang bertujuan pada peningkatan kesejahteraan perekonomian masyarakat.

Dalam pengamatan Syariful Fahmi, keberadaan UMKM dalam perekonomian Indonesia mempunyai peran dan potensi yang besar dalam membangun perekonomian nasional maupun sektoral. Namun jenis usaha mikro kecil menegah masih kurang dikenal oleh masyarakat luas; sehingga berdampak pada pemasaran produk yang mereka hasilkan. Keterbatasan tersebut merupakan permasalahan yang penting bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM tentang  pemasaran, promosi dan pengenalan produk kepada masyarakat melalui media Internet, dengan tujuan membantu para pelaku UMKM di Padukuhan Banyungati Lor agar lebih memahami E-Commerce.

Sasaran program pengabdian masyarakat ini pelaku UMKM di Padukuhan dan warga Kaliagung. Peserta penyuluhan memahami apa itu E-Commerce yaitu proses pembelian, penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan melibatkan transfer dana elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis yang memanfaatkan jaringan internet komputer. “Selain itu para peserta juga mendapatkan pelatihan cara membuat website produk, memberikan pelatihan cara bergabung di Marketplace yang sudah tersedia dan mendesain tampilan produk yang akan dipasarkan.” tandasnya. (Jay)

 

BERITA REKOMENDASI