KKN UAD Gelar UKBM Bersama RSB

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pada masa pandemi ini, LPPM UAD Bidang PKM dan KKN mengambil tema ‘KKN New Reality’ Universitas Ahmad Dahlan. Program dan kegiatan yang dilakukan terkait 4 hal yaitu, keilmuan dan atau bimbingan belajar, keagamaan, seni olahraga, dan program tematik. Dalam program tematik, diadakan Unit Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) bekerjasama dengan Rumah Sehat Baznas (RSB).

Menurut Dosen Pembimbing KKN (Dosen Pembimbing Lapangan/DPL) Marsudi Endang Sri Rejeki SE MM, dalam program Tematik ini meliputi beberapa kegiatan mencakup mindset psikologi dan perilaku pada new reality, cara menginduksi imunitas, pembuatan APD (seperti masker, hazmat, hand sanitizer, disinfektan dan lainnya), pendampingan ekonomi kerakyatan/UMKM) pada kelompok masyarakat.

Dalam pelaksanaan kegiatan tematik di KKN Reguler 81 UAD pada Divisi XXII.A.1, Divisi XXII.A.2, dan Divisi XXII.A.3 di Pedukuhan Kaligalang, Kalipenten dan Nglotak Kaliagung Sentolo bekerjasama dengan Rumah Sehat Baznas. “Kami melakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan tiga kali dengan sasaran masyarakat di 3 padukuhan tersebut yang dilaksanakan beberapa waktu lalu,” kata Marsudi Endang Sri Rejeki, Jumat (05/03/2021).

Dr Dina Arisona dari Tim Kesehatan Rumah Sehat Baznas menyatakan, program UKBM bertujuan untuk mengontrol dan meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui upaya promotif dan kuratif terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kegiatannya berupa pelayanan kesehatan secara gratis baik itu pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan multivitamin untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

“Kami juga melakukan penyuluhan kesehatan tentang Penyakit Tuberculosis (TBC), edukasi tentang pentingnya peran keluarga sebagai Pengawas Minum Obat (PMO) dan peran keluarga untuk menjadi motivator dalam proses penyembuhan TBC dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan,” ujar Dina. (Wid)

UAD

BERITA REKOMENDASI