Klaster Hajatan di Banjarharjo Terus Meluas

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Klaster hajatan di Kalurahan Banjarharjo Kalibawang tercatat sudah mengakibatkan 90 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan terdistribusi di enam Rukun Tetangga (RT).

“Terbanyak adalah berasal dari RT 13 dan RT 16, di mana pada awal Juni dilaksanakan hajatan di dua tempat dan orang-orang positif tersebut memang datang di tempat tersebut,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Kulonprogo drg Baning Rahayujati MKes, Senin (28/06/2021).

Diungkapkan Baning, hajatan dilaksanakan dengan memberikan makan di tempat dan juga masih ada kegiatan organ tunggal. “Hal ini membuat kasus ini makin banyak. Dan saat ini masih dilakukan tracing dan pemeriksaan kepada yang lain yang mulai menimbulkan gejala,” ujarnya.

Perkembangan dua hari terakhir Sabtu (26/06/2021) terdapat 295 kasus dan Minggu (27/06/2021) ada 255, ini merupakan kasus sangat tinggi sejak Covid-19 Maret ada di Kulonprogo. “Sehingga total 8141 dan peningkatan kasus ini disebabkan beberapa dari hasil tracing sebelumnya, mayoritas dari klaster-klaster sebelumnya,” pangkas Baning. (Wid)

BERITA REKOMENDASI