Kodim Kulonprogo Gelar Pekan Pancasila

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dalam memperingati hari lahirnya Pancasila, Kodim 0731 Kulonprogo bersama 80 anggota Saka Wira Kartika dari berbagai SLTA di Kulonprogo melaksanakan berbagai kegiatan yang dipimpin langsung Komandan Kodim (Dandim) Letkol (Arm) Teguh Tri Prihanto Usman SSos, di Alun-alun Wates. Kegiatan bertujuan mengingatkan para pelajar bahwa Pancasila adalah roh dan jiwa raga seluruh warga negara Indonesia.

“Pancasila akan selalu ada di aliran darah dan detak jantung anak bangsa. Pancasila akan selalu hadir dalam kehidupan rakyat Indonesia, Pancasila akan terus menjadi perekat persatuan dan keutuhan Bangsa Indonesia,” tegasnya.

Dalam kegiatan para Pembina memberikan beberapa permainan out bound secara berkelompok guna membangun semangat kerjasama dan kekompakan. Permainan yang dilakukan meliputi bola tali, water estafet, tongkat estafet, permadani terbang, holahop dan bolduzer.

Saking asiknya permainan, para siswa dan siswa tanpa menyadari telah dibawa kedalam suatu permainan yang mengandung pelajaran hidup yang sangat berharga, demi kelangsungan hidup mereka sendiri maupun Bangsa Indonesia secara umum. "Tanpa adanya kerja sama, kekompakan, persatuan dan kesatuan mustahil Bangsa Indonesia dapat tegak berdiri dengan kokohnya sampai akhir jaman," terang dandim. (Rul)

BERITA REKOMENDASI