Kodim Kulonprogo Komsos Sinergitas UPPKB Dishub

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Parkir liar di sekitar lokasi khususnya depan kantor Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) yang membuat kerawanan kecelakaan berlalu lintas dan menghambat lalu lintas di sepanjang jalan raya nasional 3, mengundang perhatian Kodim 0731 Kulonprogo.

Kapten Czi Purnama dan Serka Agung Tri Wahyudi melaksanakan komunikasi sosial (komsos) bersama UPPKB Dinas Perhubungan untuk membahas ketertiban berlalu lintas. Sebuah unit kerja di bawah Kementerian Perhubungan yang melaksanakan tugas pengawasan muatan barang dengan menggunakan alat penimbangan yang dipasang di Kalurahan Kulwaru Kapanewon Wates Kulonprogo, Rabu (12/01/2022).

“Kegiatan komsos ini salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan anggota TNI kewilayahan atau Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai ujung tombak khususnya satuan komando kewilayahannya. Dengan hal ini diharapkan TNI/Babinsa dapat makin membaur dengan masyarakat,” ujar Purnama.

Purnama juga menegaskan pentingnya menjaga ketertiban berlalu lintas dan masalah ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggung jawab bersama, bukan pihak kepolisian, tetapi seluruh pengguna jalan. “Saya melaksanakan komsos bersama UPPKB Wates Dinas Perhubungan, membahas ketertiban berlalu lintas dan parkir liar,” katanya.

Dikatakan dalam mengurangi tingginya angka kecelakaan di jalan raya, semua pengguna jalan diwajibkan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Setiap pengendara seharusnya memiliki surat pengendara yang lengkap sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

“Namun, masih banyak juga pengendara yang tidak menghiraukan hal seperti ini sehingga pelbagai pelanggaran lalu lintas di jalan raya, terus terjadi,” tambahnya.

Senada hal itu, Serka Agung sebagai Babinsa berharap supaya sinergitas UPPKB Dishub-TNI tetap terjalin dengan baik demi menjaga ketertiban bersama, khususnya dalam kelancaran berlalu-lintas. “Kami minta kerja sama yang baik agar tercapai situasi dan keadaan yang kondusif di wilayah, terutama kendaraan besar lintas provinsi yang melaksanakan parkir liar supaya ditertibkan dengan tindakan sesuai aturan yang berlaku dan tetap berkoordinasi dengan pihak Polri,” ujar Agung.

Kegiatan komsos ini pun disambut baik Dishub. Sigit Saryanto SE MM sebagai Koordinator UPPKB berterima kasih atas kerja sama dari TNI yakni Kodim 0731 Kulonprogo dengan UPPKB Dishub yang telah memberikan arahan supaya tidak ada parkir liar di sepanjang jalan kantor UPPKB yang membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Kami juga akan selalu berkoordinasi, apabila ada kejadian yang menonjol. Apapun yang terjadi dan sekiranya perlu perhatian khusus akan kami laporkan ke Babinsa ataupun Babinkamtibmas setempat,” jelas Sigit. (Wid)

BERITA REKOMENDASI