Konektivitas Terjamin, Waktu Tempuh Stasiun Tugu-Stasiun YIA Hanya 45 Menit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan kereta bandara merupakan bagian tak terpisahkan dengan Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). BIY merupakan bandara internasional yang dapat didarati pesawat berbadan besar dan menjadi pusat pergerakan orang baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga harus memiliki konektivitas dan integrasi antarmoda yang baik.

“Bandara YIA bisa menampung sekitar 20 juta penumpang pertahun, sehingga harus memiliki konektivitas yang baik melalui kereta bandara, yang dapat menghubungkan antara Stasiun Tugu Yogyakarta dengan YIA di Kulonprogo. Upaya tersebut juga untuk mendukung Borobudur sebagai kawasan destinasi wisata prioritas. Masyarakat juga bisa lebih nyaman menggunakan kereta bandara,” katanya saat meninjau ‘progress’ pembangunan jalur KA YIA di Kapanewon Temon, Jumat (12/3/2021).

Seperti diketahui Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perkeretaapian saat ini sedang membangun jalur kereta api bandara sepanjang 5,3 kilometer (km) dari Stasiun Kedundang ke Stasiun YIA yang dibangun secara elevated (layang). Berdasarkan informasi perMaret 2021, progress pembangunannya telah mencapai 83,6%.

BERITA REKOMENDASI