KPK Temui Bupati Hasto, Ada Masalah Apa?

WATES, KRJOGJA.com – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) melalui Tim Deputi Bidang Pencegahan KPK melakukan Pendampingan Penyusunan Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo. 

Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) senang kedatangan KPK RI, karena dapat sebagai pengontrol diri, agar self assessment yang dilakukan itu tidak bias. 

"Pasti ada subjektivitas, kalau menilai dirinya sendiri. Kami senang dan menyambut baik, karena ini bukti KPK tidak hanya menangkapi orang, tapi punya satu kegiatan pencegahan korupsi, dan ini bukti konkrit," tandas Hasto ketika menerima kedatangan  Wurjono Prakoso, Tribudi Rahmanto, Hamdani dari Tim KPK RI, Kamis (22/03/2018).

Bupati memaparkan berbagai sistim dan cara yang dilakukan di Kulonprogo untuk memperbaiki diri dan melakukan pencegahan korupsi. Masing-masing kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga menyampaikan apa yang telah dilakukan tiap OPD.
 
Bupati senang terhadap yang dilakukan KPK seperti in house training, dibimbing, ini bukti konkrit KPK tidak hanya melakukan penindakan tapi juga pencegahan. Untuk melakukan perbaikan tata kelola, setiap 3 bulan sekali dilakukan monitoring dan evaluasi untuk melihat kemajuan capaian target OPD. 

"Tiap tiga bulan kita ekspos, bila bagus dikasih warna hijau, sedang kuning, dan yang kurang bagus warna merah. Kita terapkan teori mapel ternyata mujarab. Saya hanya saksikan masing-masing OPD tahu kinerjanya sendiri," tandas Hasto.
 
Wuryanto Prakoso yang memimpin kunjungan ini, mengapresiasi program tindak lanjut pencegahan terintegrasi di Kulonprogo. (Wid)

BERITA REKOMENDASI