KPU Kulonprogo Terima Seluruh Logistik Pemilu

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Logistik Pemilu 2019 terutama lima surat suara sudah diterima KPU Kabupaten Kulonprogo. Surat suara DPR RI datang lebih dulu, sedangkan empat surat suara yaitu DPRD DIY, DPRD Kabupaten, DPD dan Pasangan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) datang Sabtu (23/03/2019).

Kemudian Minggu (24/03/2019) dimulai sortir dan lipat surat suara PPWP dan DPD, yakni di dua tempat di gudang KPU (eks gedung bioskop Wates) dan Balai Kelurahan Wates. Pada Rabu (27/03/2019) direncanakan selesai, dilanjutkan dengan sortir dan lipat untuk surat suara DPRD DIY dan Kabupaten.

"Secara umum logistik sudah lengkap. Karena kotak suara tambahan juga sudah, yakni 119 sudah datang 113 dan 6 yang rusak belum diganti. Nanti setelah sortir lipat kemudian masukkan kotak dan distribusi. Untuk distribusi masih pada H-2 atau H-1, H-2 untuk Kecamatan Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo Nanggulan, Kokap dan Pengasih. Kemudian H-1 Wates, Panjatan, Lendah, Temon, Sentolo dan Galur," kata Ketua KPU Kabupaten Kulonprogo Ibah Muthiah SH MHI.

Terkait tempat sortir untuk sementara ini dua tempat, karena bila hanya satu tempat, waktunya sudah sangat mepet jadi harus berkejaran dengan waktu. Bila dua lokasi tidak cukup nanti mencari lokasi lagi.

Sortir dan lipat surat suara untuk DPR Provinsi, DPD dan PPWP masih perkecamatan, sementara nanti untuk surat suara DPRD Kabupaten berdasarkan daerah pemilihan (dapil). Ditambahkan Ibah, setelah selesai sortir dan lipat dilanjutkan pula sortir formulir dan lainnya, karena ada yang tidak berhologram, sementara formulir di TPS ada yang hologram dan tidak. "Kalau hologram nanti naik sedang yang tidak itu nanti ditempel, ini harus dicek betul," ujarnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI