KUA Sentolo, Maju KUA Teladan DIY

SENTOLO, KRJOGJA.com – Terpilih sebagai juara I penilaian KUA Teladan tingkat kabupaten, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sentolo maju tingkat DIY. Kamis (03/05/2018) penilaian DIY dilakukan pada KUA yang berbasis teknologi informasi (TI) ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) DIY Muhammad Lutfi Hamid menyatakan, penilaian KUA Teladan jangan hanya sekedar rutinitas, namun harus mampu mendinamisasi peran penting KUA yang makin dibutuhkan masyarakat. "Strategis, peran KUA dalam mengawal kehidupan keagamaan di masyarakat," kata Lutfi.

Menurut Kepala KUA Sentolo, Drs H Sumanggiyo Usadi MA, ada beberapa keunggulan yang diusung terutama dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Optimalisasi pelayanan nikah berbasis teknologi informasi yang diusung oleh KUA Sentolo, adalah pertama, program Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) yang selama ini telah lama dijalankannya, kemudian dikembangkan lebih lanjut ke tingkat pelayanan nikah di desa. 

"Sistem tersebut dinamakan Sistem Informasi Manajemen Nikah Desa (Simkahdes). Dimana pada 8 desa di wilayah Kecamatan Sentolo masing-masing terdapat seorang operator Simkahdes terlatih yang melayani masyarakat dalam hal pendaftaran kehendak nikah," ujarnya.

Pihaknya, tambah Sumanggiyo,  menyediakan media digital audio visual di KUA Sentolo. Ini berfungsi untuk menginformasikan kegiatan yang sedang berlangsung di KUA. Melalui media ini, para tamu dapat melihat jadwal kehendak nikah atas nama calon mempelai wanita dan pria yang telah terdaftar. (Wid)

Keunggulan lainnya yang diusung di KUA Sentolo adalah konsep KUA 4R. Yaitu KUA Ramah Difabel, Ramah Anak, Ramah Perempuan, dan Ramah Lansia.  Selain itu, mempunyai pula program unggulan yang lain yaitu Pengantin Menanam, Pengantin Memelihara (Temantiara), Pengantin Baru, Status Baru (Paruturu), Pembinaan Keluarga Sehat dan Sakinah (Binahati) dan masih banyak lagi program unggulan yang lain.  (Wid)

KUA

BERITA REKOMENDASI