Kulon Progo Berpotensi Jadi Lumbung Sapi Nasional

YOGYA, KRJOGJA.com – Pada 2018 lalu, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo mencatat jumlah populasi ternak sapi di seluruh wilayah mencapai 52.340 ekor dan terus bertambah di tahun 2019 dengan keberhasilan kebuntingan di atas 50 persen. Kondisi tersebut dinilai sebagai potensi besar Kulon Progo untuk menjadi lumbung sapi bagi nasional.

Legislator DPRD DIY asal Kulon Progo, Ika Damayanti mengatakan pandemi Covid-19 sangat memukul banyak hal termasuk sektor perekonomian. Meski begitu menurut Ika, jatuhnya harga berbagai komoditi secara umum akibat pandemi bisa menjadi peluang bagi kabupaten Kulon Progo dengan potensi yang dimiliki.

“Ada beberapa hal yang belum tergali, misalnya ketika saya turun ke masyarakat, banyak diantara mereka yang memelihara sapi tetapi hanya dijadikan semacam tabungan. Padahal produksi nasional untuk daging sapi hanya mencukupi sekitar 60 persen dari kebutuhan nasional. Ini yang menurut saya bisa ditangkap oleh Kulon Progo yang memiliki potensi pengembangan di sektor peternakan,” ungkapnya ketika berbincang di DPRD DIY, Senin (15/6/2020).

BERITA REKOMENDASI