Kulonprogo Gelar Gerakan Pasar Bersih

KALIBAWANG, KRJOGJA.com – Gerakan Pasar Bersih dilaunching Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K), di halaman Pasar Dekso Kecamatan Kalibawang, Kamis (07/09/2017).

"Diharapkan ini bisa membangkitkan dan memberikan kesadaran akan kebersihan pasar serta menjadikan kegiatan kebersihan pasar menjadi budaya sehari-hari," kata Hasto yang menyerahkan hadiah lomba pasar bersih. Pemenang Lomba Pasar Bersih, juara I Pasar Percontohan Sentolo, II Pasar Dekso, III Pasar Sewugalur, Harapan I Pasar Samigaluh, Harapan II Pasar Kasihan, dan Harapan III Jombokan. Selain itu diserahkan pula piagam penghargaan kepada dua petugas kebersihan pasar dan dua petugas retribusi pasar.

Hasto menyatakan, Pasar Tradisional atau Pasar Rakyat harus dilestarikan dan mampu bersaing dengan pasar modern yang saat ini menjamur dimana-mana.  Apalagi kecenderungan masyarakat saat ini lebih menyukai berbelanja di pasar modern daripada di pasar tradisional.

"Slogan Pasar resik, rejekine apik, maka dengan Lomba Pasar Bersih tersebut membantu menggemakan kembali gerakan berbelanja ke pasar tradisional," ujarnya.

Disampaikan Kepala Disperdag Kulonprogo Dra Niken Probo Laras SSos MH, gerakan Pasar Bersih dilaksanakan sejak Juni pada masing-masing UPTD meliputi 19 pasar di UPTD Selatan dan 11 pasar di UPTD Utara. Sedangkan lomba pasar bersih dilakukan sejak 9 hingga 22 Agustus lalu.(Wid)

BERITA REKOMENDASI