Kulonprogo Kurang PJU Sekitar 13.805 Titik

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Komisi III DPRD Kabupaten Kulonprogo mengusulkan adanya skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sebab di Kulonprogo kurang PJU sekitar 13.805 titik yang tersebar pada 12 kapanewon. Padahal kemampuan keuangan daerah hanya mampu memasang 200 titik sampai 300 pertahun, sehingga membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan pemasangan titik PJU.

“Untuk itu, kami mendorong Pemkab Kulonprogo menggandeng pihak ketiga dalam pemasangan 13.805 titik PJU dengan skema KPBU,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kulonprogo Nur Eni Rahayu SE, Kamis (12/11/2020).

Bila tidak dikerjasamakan, pemenuhan PJU membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, sehingga pemkab tidak mungkin hanya mengandalkan APBD maupun APBN. Pemkab harus mampu dan mau berinovasi melakukan kerja sama dengan badan usaha atau KPBU.

“Ini membutuhkan komitmen, kemauan dan kebijakan pemkab dalam percepatan pembangunan,” tandas Eni sembari menambahkan, percepatan pembangunan infrastruktur mutlak diperlukan.

BERITA REKOMENDASI