Kulonprogo Raih Penghargaan Opini WTP Tujuh Tahun Berturut-turut

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Kulonprogo mendapat kado istimewa menjelang peringatan HUT ke-69 Kabupaten Kulonprogo, 15 Oktober 2020 dengan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni atas menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019. Tidak tanggung-tanggung torehan prestasi tersebut merupakan kali ke tujuh yang direbut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo. Penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melalui Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Wates, Sugiyana diterima langsung Bupati Drs H Sutedjo di ruang kerjanya, Kamis (8/10).

Opini WTP merupakan predikat yang diberikan BPK terhadap daerah yang berhasil melaporkan kinerja keuangan tahunan dengan tertib dan baik.
Dalam memberikan penghargaan Opini WTP setiap tahun tersebut ungkap Sugiyana, Kemenkeu membagi tiga kategori/ kelompok yakni satu tahun, lima dan sepuluh tahun berturut-turut. Untuk Kulonprogo saat ini sudah tujuh tahun berturut-turut dapat predikat tersebut sehingga masuk kategori lima tahun dan dapat piagam.

“Capaian Pemkab Kulonprogo terkait Opini WTP dari BPK memang luar biasa, sekarang yang ketujuh. Tapi karena kategori dari Kemenkeu ada pengelompokan satu tahun, lima tahun dan sepuluh tahun maka Piagam Penghargaan untuk Kulonprogo masih dalam kategori lima tahun karena perolehan Opini WTP baru tujuh tahun belum sampai sepuluh tahun berturut-turut. Tapi hingga saat ini prestasi Kulonprogo sangat luar biasa,” katanya.

Diungkapkan, untuk meraih Opini WTP tujuh tahun berturut-turut bukan hal mudah bagi suatu daerah. Banyak faktor penilaian dari BPK, salah satunya dan ini bagian penting adalah pertanggungjawaban kinerja setiap tahun yang harus betul-betul baik. “Sejak 2013 sampai 2019 Kulonprogo mencapai prestasi gemilang berhasil mempertahankan Opini WTP murni. Artinya tidak ada temuan BPK yang tidak diselesaikan dengan baik. Sehingga Kemenkeu RI memberikan reward

berupa piagam kepada Pemkab Kulonprogo,” jelasnya.

Bupati Sutedjo merasa bangga sekaligus terenyuh menerimaan penghargaan. Lantaran kinerja eksekutif dan legislatif (Dewan) selama ini ternyata betul-betul bisa dipertanggungjawabkan. Penghargaan Opini WTP murni bisa dicapai berkat hasil kinerja seluruh sektor. Karena itu bupati menyampaikan terimakasih pada seluruh jajaran termasuk DPRD yang sudah bekerja optimal dan bertanggungjawab terhadap keuangan negara sehingga Kulonprogo bisa dapat predikat Opini WTP.

BERITA REKOMENDASI