Kulonprogo Tambah 1 Kasus Positif Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kabupaten Kulonprogo tambah satu Kasus Covid-19, yakni positif KP-16, laki-laki (36 tahun) warga Pengasih. Pasien bekerja di Semarang dan sebelum pulang sudah dirawat beberapa hari di salah satu rumah sakit (RS) di Semarang.

“Hasil tracing, ditemukan 16 kontak erat dan satu diantaranya reaktif. Kontak erat reaktif akan dilalukan swab Senin (06/07/2020), dan lainnya isolasi mandiri untuk kembali rapid tes kedua 10 hari ke depan,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Kulonprogo drg Baning Rahayujati MKes, Sabtu (04/07/2020).

Baning menjelaskan, positif KP-16 ini merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah berada di Ruang Isolasi RSUD Wates. “Terhadap positif KP-16 ini belum tahu apakah klaster atau bukan. Tapi sakitnya sejak di Semarang,” kata Baning sembari menyatakan, bahwa untuk kasus positif Covid-19 di Kulonprogo, meliputi 2 local transmission (transmisi lokal) dan 14 import cases (sumber virus dari luar Kulonprogo).

Ditambahkan Baning, saat ini yang masih menjalani isolasi di RSUD Wates adalah KP-13 dan KP-14, ditambah KP-16 tersebut. Positif KP-15 sudah sembuh, kemungkinan daya tahan bagus atau penemuan terlambat. “Kita imbau masyarakat jangan sampai lengah, tetap selalu menaati protokol kesehatan. Kita terus mengingatkan, untuk tetap jaga jarak, pakai masker, selalu cuci tangan, dan sebagainya. Masyarakat agar selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” tandasnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI