Kulonprogo Tambah 7 Positif Covid-19

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kabupaten Kulonprogo belum aman dari pandemi Corona. Terjadi penambahan positif Covid-19 sebanyak 7 orang, Rabu (16/09/2020). Penambahan tersebut adalah warga dari Kapanewon Wates 1, Galur 1, Panjatan 1 dan Pengasih 4 orang.

Dijelaskan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, drg Baning Rahayujati MKes riwayat terbanyak dari Pengasih karena kontak erat dengan KP-96, adapula yang dikunjungi keluarga dari Cilandak Jakarta, perjalanan Kalimantan, serta dua orang adalah tenaga kesehatan RS swasta.

“Dari 7 orang yang terinfeksi Covid-19, 4 orang di antaranya isolasi mandiri, 2 isolasi di RSUD Wates, dan 2 RS PKU Gamping. Dengan bertambahnya jumlah positif Covid-19, RS Rujukan (RSUD Wates dan RS Nyi Ageng Serang) penuh, demikian pula Rumah Singgah Teratai (RST), sehingga banyak yang melakukan isolasi mandiri atau ke RS Rujukan di luar Kulonprogo,” ujar Baning.

Dikatakan Baning, RST saat ini hanya menampung 15 orang. Diharapkan pekan ini RST bisa ditempatkan di lantai 2, sehingga nantinya bisa menampung 30 orang. “Untuk isolasi mandiri, akan dilakukan pengawasan oleh anggota keluarga dan gugus tugas kalurahan/desa. Pemantauan dilakukan harian dan swab ulang setiap 7 hari,” tambah Baning. (Wid)

BERITA REKOMENDASI