Kulonprogo Tambah Dua Positif Covid-19

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kabupaten Kulonprogo belum aman dari Covid-19. Menyusul adanya penambahan 2 positif Covid-19. Kedua positif Covid-19 tersebut, masing-masing KP-17 adalah laki-laki (3,5 tahun) warga Kapanewon Pengasih yang kontak erat kasus positif KP-16. Kondisi saat ini orang tanpa gejala (OTG) dan diisolasi di RSUD Wates. KP-17 ini adalah anak dari KP-16.

“Positif KP-18 perempuan (30) warga Kapanewon Lendah, merupakan tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Swasta di Bantul dan juga kontak dengan suami yang bekerja di Sukoharjo Solo. Kondisi OTG diisolasi di RS di Bantul. Hasil PE/tracing sementara, kontak erat kasus KP-17 sebanyak 6 orang dan melakukan karantina mandiri di rumah,” terang Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Kulonprogo drg Baning Rahayujati MKes, Selasa (07/07/2020).

Dikatakan Baning, mulai 8 Juli 2020 secara bertahap akan dilakukan survei tenaga kesehatan dengan melakukan swab masal kepada semua karyawan puskesmas dan rumah sakit untuk mengetahui kondisi tenaga kesehatan yang ada di Kulonprogo. “Sasaran kurang lebih 1.500 tenaga kesehatan. Target selesai sampai pertengahan Agusutus. Dana merupakan gabungan antara Pemda DIY dan Pemkab Kulonprogo. Belum kami hitung rupiahnya,” kata Baning.

Lebih lanjut Baning menambahkan, dari 18 positif Covid-19 di Kulonprogo ini, sebanyak 13 sudah sembuh dan yang 5 masih dirawat di rumah sakit. Sedangkan pasien dalam pemantauan (PDP) sebanyak 99 orang. “Masyarakat diminta tidak lengah dan tetap waspada. Tetap sesuai protokol kesehatan,” tegasnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI