Kulonprogo Tambah Lima Positif Covid

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Lagi, Kabupaten Kulonprogo terjadi penambahan kasus impor positif Covid-19. Data per Sabtu (17/10/2020) ada penambahan lima positif dari Pelaku Perjalanan (PP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) langsung tracing kontak erat.

Kelima kasus positif Covid-19 masing-masing KP-206 laki-laki (31) warga Hargorejo Kokap, pelaku perjalanan (PP) Kalimantan dan isolasi di Rumah Singgah Teratai (RST); KP-210 perempuan (52) Hargorejo Kokap, PP Bogor, sudah kembali ke Bogor.

“Sedangkan ketiga yang lain yaitu KP-207 laki-laki (51), KP-208 perempuan (39) KP-209 perempuan (16). Mereka merupakan warga Hargotirto Kokap PP Palembang dan sudah kembali ke Palembang,” ungkap drg Baning Rahayujati MKes Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Sabtu (17/10/2020).

Dijelaskan Baning, keempat PP tersebut sejak swab tidak melaksanakan karantina. Keempatnya sudah pulang sebelum hasil swab keluar dan hanya satu yang isolasi di RST. “Mereka dilakukan swab, karena merupakan pelaku perjalanan yang sebelumnya skrining rapid dan hasilnya positif. Rapid dilakukan untuk mengetahui apakah pendatang ini membawa virus atau tidak. Untuk rapid pertama mandiri non reaktif (sesuai Perbup 44/2020) dan rapid kedua oleh puskesmas hasil reaktif langsung di swab dengan hasil itu,” urai Baning.

BERITA REKOMENDASI