Kulonprogo Terapkan Perda Pendidikan Karakter

Editor: KRjogja/Gus

WATES (KRJOGJA.com) – Kabupaten Kulonprogo telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Pendidikan Karakter yang sudah sesuai UU Sistem Pendidikan Nasional. Perda Pendidikan Karakter di Kulonprogo menambah tiga tekanan yang terdiri dari Pendidikan Moral Pancasila, Religiusitas Anak, dan Pendidikan Kemataraman.

Wakil Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo menyatakan hal itu seusai upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun Wates, Rabu (02/05/2018). Dalam Hardiknas yang bertemakan bertemakan “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, Wabup juga menyerahkan berbagai penghargaan, baik Tingkat nasional, Regional DIY Jateng, DIY maupun penghargaan tingkat Kabupaten Kulonprogo.

"Kami berharap dengan adanya Perda Pendidikan Karakter yang ada, tidak sekedar menjadikan peserta didik cerdas tapi betul-betul cerdas, berbudi pekerti luhur, religiusitas tercapai dan wawasan kebangsaan menurut Pancasila terpelihara. Sehingga etika sopan santun melalui pendidikan kemataraman dapat lengkap untuk membekali peserta didik mengarungi masa depan," kata Sutedjo.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kulonprogo Sumarsana, menyampaikan di Kulonprogo telah ada Perda Pendidikan Karakter dan sejak Januari 2018 sudah diterapkan ditingkat TK, SD/MI, SMP/MTs. "Sudah ada SOP yang mengatur siswa untuk masuk kelas dimulai dari baris, mencium tangan guru, hormat bendera, menyanyikan lagu wajib, berdoa, dan sebagainya. Hal itu sebagai bentuk untuk melatih peserta didik menghormati orang tua dan guru. Tujuannya untuk menjadikan peserta didik yang cerdas serta berkarakter," tambahnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI