Kunjungan Wisata ke Kulonprogo Anjlok

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Terjadi penurunan kunjungan wisata di Kulonoprogo, meskipun sejumlah objek wisata masih buka seperti hari-hari biasa. Hal ini diduga dampak penyebaran virus Korona Covid-19.

Sejumlah petugas retribusi objek wisata yang dihubungi terpisah mengungkapkan bersamaan informasi merebaknya penyebaran virus Korona merasakan dua minggu terakhir terjadi penurunan jumlah kunjungan wisata. Koordinator Petugas Retribusi Pantai Glagah, Agus Jumianto, menjelaskan dalam kondisi normal kunjungan wisata ke Pantai Glagah dalam satu minggu ada di kisaran 6.600 orang. Setelah ada informasi penyebaran virus Korona turun di kisaran 5.300 orang.

”Objek wisata tetap buka seperti hari biasa. Setiap satu minggu bisa memberikan masukan ke daerah sekitar Rp 40 juta, turun menjadi sekitar Rp 32 juta,” ujar Agus Jumianto.

Menurutnya, petugas retribusi dalam menjalankan tugas berusaha meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah penularan virus Korona. Di pintu masuk objek wisata bertemu banyak orang dari berbagai daerah. Petugas mengusahakan dapat menjaga diri dengan sering melakukan cuci tangan menggunakan sabun.

”Kemarin sempat mengusulkan disediakan hand sanitizer. Karena belum tersedia sementara mencuci tangan menggunakan sabun,” jelasnya.

BERITA TERKAIT