Langgar Protokol Kesehatan, ‘Dihukum’ Sapu Jalan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan (Prokes) digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama unsur Polri, TNI serta instansi/dinas terkait di Kabupaten Kulonprogo dimulai Senin (14/09/2020). Masyarakat yang kedapatan tidak patuh protokol kesehatan mendapat sanksi berupa kerja sosial dengan membersihkan lingkungan atau fasilitas umum dan menandatangani untuk patuh prokes.

Operasi hari pertama dilakukan di kawasan Alun-alun Wates dan Pasar Bendungan, Kapanewon Wates. Hasilnya ada 33 pelanggar protokol kesehatan, yakni tidak memakai masker. Hari kedua, Selasa (15/09/2020) di Pasar Maesan Kapanewon Lendah dan Pasar Kenteng Kapanewon Nanggulan, didapati 25 pelanggar.

Diungkapkan Sekretaris SatPol PP Kulonprogo Drs Hera Suwanto MM, pelanggar dicatat identitas sesuai KTP, lalu menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya. “Setelah itu diminta membersihkan lingkungan dengan mengenakan rompi yang bertuliskan pelanggar protokol kesehatan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (15/09/2020).

Pemberian sanksi sosial bertujuan untuk memberikan efek jera, sehingga kedepan masyarakat lebih patuh terhadap prokes demi pencegahan penyebaran Covid-19. Selain memberikan sanksi, petugas juga membagikan masker bagi pelanggar yang tidak memakai. “Tak hanya sekadar membina, kami juga bawa stok masker untuk diberikan kepada pelanggar yang tidak pake masker,” ujar Hera.

BERITA REKOMENDASI