LAPOR! Resmi Digunakan Pemkab Kulonprogo

KULONPROGO (KRjogja.com) – Pemkab Kulonprogo secara resmi menggunakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) untuk menerima layanan aduan masyarakat. Sistem yang berbasis Teknologi Informasi ini dibangun Kantor Sekretariat Presiden (KSP) dan menjadi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

"Kementerian dan lembaga sudah menerapkan sistem LAPOR!, sedangkan bagi pemerintah daerah baru sekitar 48. Semua pemda ke depan harus menggunakan layanan aduan tersebut," kata Mohammad Gibran yang mewakili KSP pada Bimbingan Teknis LAPOR! di Ruang Sermo, kompleks pemkab, Selasa (22/11/2016). Kegiatan diikuti SKPD yang menjadi pejabat penghubung dan admin lapor.

Ditegaskan, layanan aduan ini memudahkan warga masyarakat Kulonprogo untuk menyalurkan aspirasi. "Selain itu juga mengadukan segala hal terkait dengan layanan publik maupun seputar permasalahan pembangunan," tandasnya.

Disampaikan Asisten Administrasi Umum Setda Kulonprogo Drs Djoko Kushermanto MM, penanganan pengaduan yang efektif dan memberikan penyelesaian bagi masyarakat, berkontribusi secara langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik. Pengawasan pelayanan publik melalui pengaduan masyarakat, dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, mengurangi potensi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah –tengah masyarakat.

“Tapi dalam praktiknya pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi belum terkelola secara efektif dan terintegrasi, karena penyelenggaraan secara parsial dan tidak terkoodinir dengan baik, akibatnya sering duplikasi penanganan aduan atau bisa tidak ditangani satupun organisasi dengan alasan bukan menjadi bidang tugasnya," kata Djoko.

Ditambahkan Kabag Organisasi Setda Kulonprogo Sarji SIP MSi, masyarakat dapat mengunduh aplikasi LAPOR! di smartphone atau menyampaikan melalui SMS, Pemkab Kulonprogo telah menyiapkan administrator untuk meneruskan aspirasi maupun pengaduan masyarakat ke SKPD terkait, maupun ke tingkat nasional.

Secara garis besar, alur aspirasi dan pengaduan dalam sistem Lapor !, adalah masyarakat mengirimkan aduan dan aspirasinya melalui jalur yang telah disediakan, lalu administrator mengolahnya sesuai klasifikasi tujuan, serta mendisposisikan tindaklanjut kepada SKPD terkait.

Khusus untuk jalur SMS, format yang digunakan adalah kulonprogo spasi isi aduan, yang dikirimkan ke nomor 1708 dengan tarif umum, nomor tersebut dapat diakses menggunakan seluruh provider yang ada. (Wid)

BERITA REKOMENDASI