Libur Imlek, Petugas Cek Rapid Antigen Mobil Plat Luar di Perbatasan DIY

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJogja.com – Personil gabungan Dinas Perhubungan DIY dan Kulonprogo serta Satpol PP di’back up’ anggota TNI/ Polri berhasil menjaring belasan kendaraan berplat nomor luar DIY di pos penyekatan di perbatasan wilayah Kabupaten Kulonprogo dengan Kabupaten Purworejo, Jateng, Jumat (12/2).

Petugas mencegat kendaraan berplat luar di depan Kompleks Masjid Nurul Huda, Jalan Nasional Yogya-Wates di Pedukuhan Kadilangu Kidul Kalurahan Temon Kulon, Kapanewon Temon. Sejumlah pengendara kendaraan berplat Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta tidak bisa menunjukkan hasil rapid antigen dan sejenisnya sebagai syarat masuk wilayah DIY selama perayaan Imlek 2021.

Terhadap pengendara dan penumpang yang tidak membawa persyaratan hasil rapid tes antigen diarahkan melakukan test rapid antigen di posko pemeriksaan belakang pos penyekatan.

Kabid Pengendalian dan Operasi (Dalops) Dishub DIY, Bagas Senoadji mengatakan, operasi penyekatan dilakukan di tiga lokasi meliputi Temon, Kulonprogo; Tempel, Sleman dan Prambanan, Sleman. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 selama libur Imlek.

Dalam penyekatan, pengendara baik yang hendak ke luar maupun masuk wilayah DIY wajib menunjukkan hasil rapid antigen. “Masyarakat wajib membawa hasil rapid antigen, kalau tidak maka kami telah bekerjasama dengan kepolisian melakukan test rapid antigen gratis di posko perbatasan,” kata Bagas Senoadji menambahkan penyekatan berlangsung Kamis – Minggu (11-14/2).
Diungkapkan sampai hari kedua penyekatan, mayoritas pengendara sudah sadar terhadap aturan membawa dokumen rapid antigen.
“Masih ada juga yang tidak membawa hasil rapid antigen,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI