Lomba Busana Jawa Melebihi Target Panitia

Editor: KRjogja/Gus

WATES (KRJOGJA.com) – Ratusan peserta terdiri pelajar setingkat SD, SLTP, SLTA serta masyarakat umum dengan batasan usia 25 tahun mengikuti Lomba Busana Jawa yang diadakan Dinas Kebudayaan Kulonprogo, Selasa (10/10/2017), di Gedung Kesenian Wates. Peserta di luar dugaan membludak, melebihi target yang diperkirakan Dinas Kebudayaan.

Dikatakan Edi Jatmiko Kasi Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kulonprogo selaku panitia acara, lomba busana Jawa ini dalam upaya menanamkan proses pemakaian busana Jawa kepada generasi muda. "Juga digelar atas dasar keprihatinan pada generasi muda yang kurang begitu memahami kekayaan budaya. Para generasi muda dimanjakan dengan busana Jawa instan, sehingga keaslian proses pemakaian harus ditanamkan," kata Edi. 

Menurutnya, generasi muda selama ini tidak paham proses pemakaian busana Jawa, sebab langsung datang ke salon, atau beli yang sudah jadi dan tinggal pakai. Padahal, keaslian proses pemakaian busana Jawa harus dipertahankan. Adanya lomba ini dan mereka ikut, menjadi tahu proses pemakaiannya. Seperti, harus mewiru dulu jaritnya, dan proses yang lainnya," ujar Edi yang tidak menduga pesertanya melebihi target.

Edi berharap, seiring pembangunan keistimewaan di DIY, supaya masyarakat terutama generasi muda bisa memahami proses pemakaian busana Jawa. Sehingga tidak akan merasa canggung lagi ketika harus berbusana Jawa. (Wid)

BERITA REKOMENDASI