Luncurkan Inovasi ‘Sambanggo’, Kulonprogo Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Menjelang penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo mulai membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Pariwisata (Dispar) setempat meluncurkan secara resmi Program Sambanggo (Sambang Kulonprogo) yang dilakukan Bupati Drs Sutedjo di Kompleks Objek Wisata (Obwis) Pantai Trisik, Kapanewon Galur.

Hadir Wabup Fajar Gegana, Kepala Dispar Joko Mursito dan Forkompimda. Joko Mursito mengungkapkan, Program Sambanggo memiliki sejumlah arti. Di antaranya Sambang Kulon Progo, Sambang Monggo yang berarti mari berkunjung dalam bahasa jawa serta berkunjung dengan penggalan ‘go’ sebagai aksara Jawa yang direpresentasikan tiga hal, yakni gisik atau pantai, gawe atau ekonomi kreatif dan gunung atau wilayah perbukitan.

“Sambanggo merupakan salah satu inovasi kami dalam upaya menggenjot sektor wisata dan ekonomi kreatif. Sejak pandemi Covid-19, sektor wisata dan ekonomi kreatif vakum cukup lama. Sasarannya menyambangi obwis pantai, pegunungan, seni pertunjukan dan ekonomi kreatif. Sambanggo, program promosi untuk menarik perhatian wisatawan terhadap sejumlah obwis di Kulonprogo yang telah direkomendasikan melakukan ujicoba operasional,” jelas Joko Mursito di ruang kerjanya, Senin (10/8/2020).

BERITA REKOMENDASI